3G of Balanced Scorecard

23 January 2007 § 67 Comments

Pada tahap implementasi eksperimen awalnya di tahun 1990, Balanced Scorecard merupakan kartu skor (score card) yang digunakan untuk mencatat skor hasil kinerja eksekutif. Melalui kartu skor, hasil perencanaan yang hendak dicapai oleh eksekutif dibandingkan dengan hasil kinerja sesungguhnya. Dari sinilah prestasi eksekutif dinilai.

Kata berimbang (balanced) dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa kinerja eksekutif diukur secara berimbang dari dua perspektif: keuangan dan nonkeuangan, jangka pendek dan jangka panjang, intern dan ekstern. Oleh karena kinerja eksekutif akan dinilai secara berimbang, maka diharapkan meraka juga akan memperhatian kinerja non keuangan.

Dari eksperimen awal Balanced Scorecard tersebut, 12 perusahaan yang ikut serta dalam eksperimen tersebut memperlihatkan kemampuan pelipatgandaan kinerja keuangan mereka. Keberhasilan ini disadari sebagai akibat dari penggunaan ukuran kinerja Balanced Scorecard yang komprehensif. Dengan menambahkan ukuran kinerja non keuangan, seperti kepuasan pelanggan, produktifitas dan cost effectiveness process, pembelajaran dan pertumbuhan, eksekutif dipacu untuk memperhatikan dan melaksanakan usaha-usaha yang merupakan pemacu sesungguhnya (the real drivers) untuk mewujudkan kinerja keuangan. Keberhasilan Balanced Scorecard generasi pertama (1G) ini menjadikannya dikenai sebagai ‘measures that drive performance”.

Setelah mencatat keberhasilan penerapan Balance Scorecard sebagai perluasan kinerja eksekutif, Balanced Scorecard kemudian mulai diterapkan ke tahap manajemen yang lebih strategis sebelum penilaian kinerja. Pengukuran kinerja dilakukan pada tahap pengimplementasian rencana, terjadinya gab dalam system perencanaan yang dikarenakan adanya jeda fase ini menjadikan Balanced Scorecard diterapkan juga dalam proses perencanaan strategis. Pada tahap ini kita mengidentifikasikan penerapan Balanced Scorecard generasi kedua (2G)

BSC Evolution

Saat ini pemanfaatan Balanced Scorecard telah memasuki tahap generasi ketiga (3G), yaitu sebagai basis sistem terpadu pengelolaan kinerja personel. Tahapan state of the art ini mengintegrasikan sistem manajemen strategis berbasis Balanced Scorecard (2G) dengan sistem pengelolaan kinerja personel perusahaan. Pengintegrasian kedua generasi Balanced Scorecard ini menghasilkan system pengelolaan kinerja yang dipacu oleh pelanggan (customer-driven performance management system). Karena itu sistem ini menjanjikan kekohesivan organisasi perusahaan untuk memasuki lingkungan bisnis turbulen dan kompetitif.

Kartika Plaza – Kuta, Bali.

Tagged: ,

§ 67 Responses to 3G of Balanced Scorecard

  • Ikhsan says:

    Mas Putra, saya mhsw UGM yang penelitian tentang BSC. Saya bisa minta sharing bahan ma Mas gak.

  • Putra says:

    Tentu saja Ikhsan, saya punya bahan yang cukup memadai. Namun lebih baik bila Anda spesifikkan theme nya… Bahan apa yang dibutuhkan. Mungkin lebih enaknya discuss kali ya..
    Btw, Anda kan lebih dekat dengan BSC Guru Indonesia, saya kan belajar BSC dari pak Mulyadi (UGM)..

  • Sophy says:

    hai!! balance scord card yang anda jabarkan cukup banyak membantu tugas saya di kampus,saat ini saya sedang menyelesaikan skripsi. namun ada baiknya Anda melihat kembali mengenai perkembangan balance scord card terakhir. thank U very much!!

  • aggie says:

    Mas Putra, saya mahasiswa UNP. saat ini saya meneliti tentang BSC di Bank. Bisa bantu saya gak ngasih tahu literaturnya. thanx sebelumnya

  • oscar says:

    mas putra bagaimana perkembangan balanced scorecard sekarang?, adakah metode lain yang mendukung balanced scorecard?

  • winarto says:

    Mas Putra Boleh Minta, bahan BSC gak?Tk.

  • dandy says:

    idem mas, boleh minta bahan bsc ga buat skripsiku?

  • KiTTy says:

    mas.. bisa minta tolong contoh ukuran untukngebuat kuesioner BSC pada Bank ga..? soalnya aku bingung nyari ptnyaan buat ngukur perspektif bisnis internal n pertumbuhan pembelajaran.. buat TA ku nich, mas.. please..please banget tolongin akuuuuu……

  • Putra says:

    Dear Kitty, buku “Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personel berbasis Balanced Scorecard” tulisan Mulayadi, terbitan UPP STIM YKPN, saya rasa bisa bantu masalah Kitty. Disitu ada bab khusus yang membahas tentang cascading setiap perspektif BSc

    Untuk bank mungkin aku bisa bantu beberapa:
    1. BI: bagaimana environtmental performance dari bank ybs; bagaimana sistem inspeksi internal; bagaimana perkembangan product development di bank ybs, dll.

    2. LG: bagaiaman pengembangan karier karyawan staf vs AO; komitmen karyawan dalam kegiatan perusahaan, dll

    lebih enaknya baca aja bukunya, semoga membantu..

  • tohir says:

    mas aku tertarik nih sama BSC, mohon dikirim cara menggunakan BSC atau reverensi BSC
    terima kasih

  • rosy says:

    mas bisa minta bahan balnced scorecard untuk skripsi?
    thanks ya

  • dewi says:

    MAs ada rekomendasi judul gak buat skripsi tentang BSC, oya sekalian bahannya dong..
    saya mahasiswa akuntansi dari Bandung

  • meme says:

    mas bisa minta bahan2 mengenai BSC ga? thx be4

  • fery says:

    mas saya kesulitan menghadapi dosen pembimbing saya dalam menjelaskan balance scorecard. belia selalu menanyakan apa permasalahan yang akan kamu teliti! saya harus bagaimana menjelaskan permasalahan tentang balance scorecard?

  • Aldo says:

    mas…, saya mahasiswa UGM . thesis saya berhubungan dengan BSC. yang mau saya tanyakan, apakah mungkin perusahaan yang sudah menggunakan BSC belum tentu berhasil? sebab, menurut dosen saya, banyak sekali perusahaan yang mengumbar keberhasilnnya karena menggunakan BSC. padahal keberhasilnnya itu bukan karena menggunakan system BSC. sehingga sering kali BSC dijadikan tameng atau alat untuk memikat investor. Jika hal tersebut benar adanya, apakah mas putra punya data2 yang menunjang statement itu?

  • harsanty says:

    mas, saya sedang mengerjakan skripsi tentang balanced scorecard di rumah sakit. saya minta tolong kirimkan artikel yang berhubungan dengan topik tersebut ya mas..terima kasih sebelumnya

  • esta says:

    mas putra selamat malam
    saya esta sedang mengerjakan skripsi tentang pelaksanaan BSC. saya ingin tahu bagaimana tahapan pelaksanaan BSC? dan artikel tentang pelaksanaan BSC sebagai alat ukur kinerja?..atas waktu dan bantuanya..saya ucapkan banyak terima kasih..

  • thika says:

    yth bp.putra
    perkenalkan saya thika mahasiswa feui yang sedang mulai menyusun skripsi. tema yang saya angkat adalah penerapan BSC baik pada perusahaan swasta maupun pada instansi pemerintah (DJP). apakah penerapan BSC bisa di compare antara perusahaan dan instansi? pengukuran pengukuran apa yang sama yang bisa digunakan?
    oya satu lagi bisa tolong kirimkan ke email saya artikel mengenai BSC di instansi, dan juga artikel terbaru BSC. karena bahan yang saya punya Kaplan itupun edisi 1. takuktnya sudah banyak yang berubah meskipun pada dasarnya sama.
    terima kasih atas kesediaan menjawabnya, saya tunggu.

  • icha says:

    mas bagi – bagi artikelnya tentang BSC duonk,sy sekarang lagi menyusun skripsi ttg BSC pada instansi pemerintah. Apakh ada perspektif yang perlu ditambah atau dimodifikasi mas dlm penerapannya nanti?kan konsumennya lebih kepada masyarakat..Makasih bt bantuannya

  • vico says:

    mas saya lagi nyari nyari artikel tentang balance scorecard
    i really need it untuk skripsiku
    makasih ya mas

  • eka manik says:

    mas, saya mau nanya, balance scorecard itu cm buat jurusan akuntansi ya? saya jurusan manajemen keuangan, kalo saya mau buat penelitian tentang balance scorecard bole ga sie? makasi y mas

  • eka manik says:

    kalo bole, saya mau minta artikel tentang BSC pada peruahaan BUMN mas, makasi…

  • Caecillia says:

    Sy lg nyusun skripsi ttg BSC nih… Katanya perspektif BSC sdh sampe 8 ya… Kalo bole saya mw minta tolong untuk dikirimkan ke emailku: p1nk1sh_eve@yahoo.com, artikel ttg perspektif ke-5 s.d 8 nya coz bingung mw cari kmana, msh terbatas bgt infonya. Thx bgt yah…

  • william says:

    kak Putra, saya jg mhs yang sedang skripsi ni. mau tau lebih dalam dong tentang bsc. ada referensi tambahan ga? ada isu terbaru seputar bsc gak ? mau tau juga dong tentang yang dibilang ama kak caecillia. Apa benar ? kalo ada bisa numpang info juga ga ? mohon sekali infonya ya kak ???
    thx

  • Romy P says:

    mas, ukuran kinerja non finansial apa-apa aja dalam balanced scorcard. tolong bantu aku mas, kirimkan ke email aku.

  • eka says:

    mas, mungkin ga ya buat strategic plan berbasis BSC? kalo bisa metodenya gimana ya?
    makasih…

  • dimas tejo says:

    mas putra, saya mahasiswa perbankan yang sedang menyusun skripsi. saya tertarik mengenai penerapan BSC pada bank, punya data mengenai penerapan BSC pada bank tidak? klo blh tau bank mana saja yg sudah menerapkan BSC untuk mengukur kinerjanya…

  • Budi says:

    saya sedang bingung, karena saya membuat rencana kerja 2008
    atau istilahnya BSC :

    1. saya bertugas menerima retur dari Toko buku

    dari januari s/d desember 2008

    Perusahaan saya bergerak dibidang Buku : SASARANNYA

    RETUR BUKU DARI TOKO

    mohon di buatkan

    contoh:

    no. kegiatan januari feb april mei

    terdiri dari minggu I s/d IV

    mohon dibalas hari ini,karena besuk harus dikumpulkan

  • JADMIKO says:

    MAS SAYA MAHASISWA YOGYAKARTA YANG SEDANG MELAKUKAN PENELITIAN TENTANG BALANCE SCORECARD PADA SEBUAH BANK

    SAYA BISA MINTA DATA ATO SHARING MENGENAI ARTIKEL TERSEBUT

    TERIMAKASIH SEBELUMNYA

  • arie says:

    Selamat siang saya arie,seorang karyawan di perusahaan swasta.saya sedang membuat skripsi tentang implementasi BSC di kantor saya.mohon bagi – bagi bahannya atau artikelnya dung.
    Thanx

  • Dee says:

    Mas, saya skrg lg nyusun skripsi mengenai penerapan BSC di instansi pemerintah tepatnya di badan kependudukan & Keluarga Berencana (BKKB), nah…masalahnya skrg saya tu bingung pengaplikasiannya…cara penggolongan unsur-unsur dalam perspektifnya & pada dasarnya saya masih kurang paham konsepnya BSC di instansi pemerintah yang pure non-profit tu gmn. tolong bantuin ya mas…pliiiiiisssssssss……..
    Klo ada artikel yang brhbngn, mau juga dunk….
    thx…..

  • dian says:

    dear mas putra yang pinter…
    dian lagi butuh informasi tentang bank – bank di Indonesia yg telah menerapkan balanced scorecard… plis tolongin dian yachhhh, dian juga butuh informasi tentang faktor – faktor apa saja yang membuat sebuah instansi blm menerapkan BSc tersebut…. klo buat yang ini,mau artikelnya dunk mas… klo bisa, tolong di emailin mas…
    thanx a lot yach mas…

  • tiwi says:

    misi mas mo nanya….

    Balance scorecard itu pa bisa diterapin di organisasi sektor publik juga g? misal kantor pajak ato dispenda. klo misalnya dijwb skalian alasanya jg ya.. tp tulung dijawab ya mas….. tenkyuuu

    Lemah teles mas, Pangeran sing mbales…hehe

  • mike says:

    Mas saya mau nanya dong,,, perusahaan apa saja di indonesia yang sudah menerapkan balnced scorecard? saya sedang menyusun skripsi dan judul saya berhubungan tentang balanced scorecard.. tapi saya bingung apakah saya harus memakai contoh perusahaan yg sudah menerapkan BS ataukah yg blm menerapkan jg gpp.
    dan bagaimana penerapan BS pada perusahaan pemerintahan? atau Departemen? apakah bisa?

    plissss ya mas jawab pertanyaan saya secepatnya……

  • shela says:

    mas..
    saya bukan mahasiswa ugm..
    boleh konsul g ya..
    saya pengen nyusun skripsi tentang balanced scorecard,,
    terutama untuk bank bank syariah,,
    kira kira menurut mas bagus tidak dan saya harus gimana,,

    tolong bimbingannya ya mas…
    saya juga bingung bgt gimana dapet bahannya,,

  • tutz says:

    mas…
    bisa minta tlg kirimin bahan tentang BSC di perusahaan manufaktur maupun di bank ya q lg butuh referensi buat skripsiq nie..

  • tutz says:

    mas…
    bisa minta tlg kirimin bahan tentang BSC di perusahaan manufaktur maupun di bank ya q lg butuh referensi buat skripsiq nie..
    kirim ja di tuts_170886@yahoo.co.id…Tengkyu b4.

  • ricardo says:

    mas aq lg bwt skripsi tentang perancangan scorecard pada PDAM sebagai bagian dari balance scorecard. minta referensi bahan maupun artikel atau peraturan yang berkaitan mas.
    thx

  • Nia says:

    Mas,tlg å dbntu bgmana cth bsc pd Pdam .kn it aturan2ny utk pnlaian knrjany udh ad..jd pnERapan bsc yg baek spt ap?tlg mas.

  • merry says:

    mas Putra, bisa bantu ga, saya udah 1 tahun stuck ni.mau cari data perusahaan yang menerapkan BSC tapi yang go public. Jarang ada yang mau ngasi data lengkap, padahal skripsi saya tentang strategic map, butuh data lengkap untuk menyusun data strategic map. stress juga jadi hopeless.
    karena tidak kunjung ada yang bersedia membantu, saya berencana mengadakan perbandingan lewat perusahaan yang go public, namun juga jarang lengkap. saya harus gimana ya? Apa mas punya data BSC pada perusahaan minimal 3 gitu?data penyusunan Strategic map minimal apa aja ya menurut mas. Makasi

  • Nika says:

    Ass, Mas Putra Saya Mahasiswi BSI Sekarang ini kami ber’2 sedang PKL d’Depperin,Kami tertarik untuk mengambil TA Tentang BSC kira-kira Judul apa Yang cocok untuk kami tetapi dalam judul yang berbeda,mohon bantuannya bangetttt……..ditunggu balesannya, trimakasih

  • chika says:

    hi… maz…
    really need ur help.. dah setahun stuck dengan skripsi tentang BSC, bisa bantu ga? judulnya “pengaruh penerapan balance scorecard terhadap kinerja perusahaan” oh ya aku mahasiswi manajemen jurusan SDM.. kira2 bank mana yg bisa aku jadiin untuk skripsi aku ya? contact me plzzz?
    ditunggu balesannya…makasih

  • dayat says:

    Apakah konsep Balance Scord Card dapat diterapakan dengan baik diindonesia. Uraikan apa & bagaimana pengukuran berdasarkan kesulitan & kemudahan dalam menerapkan ukuran yang ditetapkan ?

  • ayu says:

    hi masss…..
    saya mau konsul tentang BSC neh????
    saya mahasiswa en lagi nyusun skripsi.nah judul yang saya mengenai BSC apabila diterapkan pada perbankan syariah tu pengukuran non financialnya apa juga harus menggunakan akuntansi syariah ato gmn mas???

    mohon bantuannya ya mas………….

  • Dedy adrian says:

    salam kenal,saya mahasiswa dr palembang saya beberapa kali mengajukan judul tapi selalu ditolak oleh p.akadmik saya,dan beliau minta saya mengajukan judul ttg balance scorecard aja,tp waktu saya ngajuin judul tentang kantor saya di ADPEL (administrator pelabuhan)Dephub,dgn judul analisa pengukuran kinerja menurut Balance Scorecard thd penerimaan,pendidikan dan penempatan pada ktr ADPEL,tolong bantu saya mas,katanya dosen yang uda menerapkan Balance scorecard hanya pada PT.Semen Baturaja aja,tapi lain P.Akademik mengajukan judul sama tapi hanya PT lokal aja,bantuin saya mas,lam kenal !

  • yabuelmadu says:

    mas Putra, kalau mas berkenan tolong donk kirimin aku contoh cara aplikasi BSC pada suatu rumah sakit pemerintah, aku butuh banget deh….tengkyu yaa mas.

  • dhanie says:

    mas..

    aku butuh bantuannya dunk…

    ak maw membandingkan kinerja bank konv ma bank syariah make perspektif BSC…

    bantui d tg metodenya…ak dah stuck ni….

  • adhi says:

    maz saya lg ada penelitian tentang balance scorecard nih klo bsa minta referensix dong mas mengenai balance scorecard di perbankan
    thanks yah

  • Ahmad Umar says:

    mas… saya umar mahasiswa STEI TAZKIA.. rencananya saya ingin nuyusn skripsi tentang BSC di perbankan??? kira2 mas bs kasih saran ga???? langkah ap yang harus saya lakukan?? cz saya bingung neh.. mo mulai dari mana??? n kira2 BSC ada ga seh… di dalam perbankan??? khususnya di perbankan syariah…. n kolo bisa saya minta data-datanya juga yah.. tenteng itu makasih…

  • Ica says:

    mas saya ica mw bikin skripsi tentang bsc d pemerintahan. saya bingung bikin pembobotan bt bsc. gmn y mas? saya emang blm banyak baca sih

  • Pen says:

    saya mahasiswa fekon untan, rencananya mau jadikan balance scorecard pada koperasi simpan pinjam sebagai tema skripsi saya, tapi saya perlu bantuan dari mas putra, terutama mengenai alat-alat ukur 4 perspektif yang cocok diterapkan pada koperasi simpan pinjam, terutama untuk mengukur perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan..terimakasih..

  • Dhita says:

    mas, saya mahasiswi yang sedang menyusun skripsi mengenai bsc pada perbankan. saya mau bertanya, bagaimana cara menganalisis sebuah bank dengan menggunakan bsc dalam 4 perspektif?
    mohon segera dibalas karena saya sangat membutuhkan jawaban secepatnya.
    Tolong dikirim ke mail saya: adhita86@yahoo.com
    Terima kasih sebelumnya.

  • devi says:

    mas, saya mahasiswa semester 6 yang sedang merancang skripsi.. saya cukup tertarik pada penggunaan BSC pada bank. tapi saya tidak tau masalah yang bisa saya angkat untuk itu..saya ingin penelitiannya kualitatif saja.. mohon sarannya mas

  • devi says:

    tolong dikirim ke email saya jawabannya mas
    yanthi_balqis.acct@yahoo.co.id

  • mONIKA says:

    Saya mahasiswa Tek.Industri sem 8
    saya sedang menyusun skripsi mengenai BSC dari KopKar.
    Mohon bantuannya dalam menunjukkan referensi dari teori yg dibutuhkan.
    Terima kasih.
    GBU!

  • irawan says:

    mas, saya sedang nysun skripsi. jdulnya “analisis pengukuran kinerja perusahaan dengan pendekatan BSC”. objeknya di PDAM. bagaimana cara menganlsisi dengan 4 perspektif BSC pada PDAM.saya bingung, mhon bantuannya.thx
    krim ke email saya :ferandosuz_91@yahoo.com

  • Manisa says:

    Mas tolong aku kasih contoh penerapan BSC dalam pengukura kinerja dosen atau yang semisal itu. Nuhun.

  • marisah says:

    mas prima,
    saya mau tanya, BSC bisa diterapin di koperasi gak,mas? misalnya koperasi susu sapi perah gitu? ada referensi bahannya gak,mas?
    tolong balas ke email saya ya..girlgreen86@yahoo.com..mohon bantuanya..
    makasi ya,mas..

  • marisah says:

    girlgreen86@yahoo.com aja,mas..gak pake yaaa…hehe

  • Evaulina S says:

    Halo, saya Evaulina,,,,
    Minta tlg dong emailin saya contoh kartu balanced scorecard yang buat rumah sakit. Aku tunggu loh, klw bisa secepatnya yah…Makasih!

  • ernita says:

    Mas Prima, minta tolong bantuin saya mencari kuesioner untuk mengukur kinerja pada koperasi menggunakan bsc ya…
    Kalo bisa agak cepet ya Mas, krn lg butuh mendesak. Tolong kirim ke email saya: tariganernita@yahoo.com. Tims sblmnya ya Mas

  • khori says:

    ass.mas prima sy khori mau tya perusahaan apa saa yang sudah menerapkan BSC????mhn bantuannya.trima kasih…email saya:khori_ps@yahoo.co.id

  • ira says:

    mas Putra, saya Ira mahasiswa UGM yg sedang melakukan penelitian mengenai Balanced Scorecard. penelitian yang selama ini saya baca seputar pengukuran kinerja. artikel yang ditulis mas saat ini mengenai pengelolaan kinerja. boleh saya diberi informasi mengenai literatur yang bisa saya baca untuk memudahkan pemahaman ttg BSC sebagai alat untuk pengelolaan kinerja?
    terimakasih

  • lia says:

    mas,,saya mau tanya dunk,,,
    punya daftar nama perusahaan yang sudah menggunakan BSC di bekasi dan sekitarnya???
    saya sedang menyusun skripsi,,,mhon d balas,,,
    terima kasih

  • edo says:

    mas saya mahasiswa akuntansi dan sedang menyusun skipsi.
    BSC judul yang saya angkat.
    saya ingin menerapkan BSC pada perusahaan yang tdk menggunakannya.
    dan membandingkan sebelum dan sesudah menunakan BSC.
    pertanyaannya :
    1. jenis perusahaan apa saja yang bisa di terapkan BSC. beserta contohnya..
    2. daftar Nama perusahaan yang ada di bekasi dan sekitarny
    a yang sudah menggunakan BSC.
    3. bahan makalah untuk menyelesaikan skipsi saya bisa di peroleh dmn???

    sekian terima kasih,,,

  • depri says:

    mas saya mahasiswa uajy.. saya sedang menyusun skripsi tentang bsc , saya mau bertanya:
    1. apakah generasi pertama dari bsc masih bisa relevan digunakan dalam perusahaan
    2. perusahaan apa saja di indonesia yang sudah menerapkan bsc(khususnya jakarta)
    terima kasih mas sebelumnya…

Leave a comment

What’s this?

You are currently reading 3G of Balanced Scorecard at Sharing Knowledge as Freedom.

meta