The Balanced Scorecard Milestones

30 January 2007 § 15 Comments

Sebagai sebuah tool yang komprehensif, Balanced Scorecard (BSc) telah melalui sebuah fasae-fase perkembangan konsep dan penerapan. Secara singkat berikut adalah tahapan (milestones) dari BSc:

1990-1991,  Kaplan dan Norton melakukan eksperimen perluasan ukuran kinerja eksekutif ke empat perspektif: (tidak hanya) keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan pertumbuhan dan pembelajaran organisasi. Hasilnya, 12 perusahaan yang mejadi kelinci percobaan konsep perluasan ukuran kinerja mengalami kemampulabaan (pofitability) yang meningkat secara signifikan. 

1992,  BSc mulai dirasakan manfaatnya sebagai alat pengukur yang bisa membawa kepada peningkatan kinerja organisasi (measures that drive performance)

1993-1995, Mulai dilakukan eksperimen BSc untuk digunakan sebagai inti sistem manajemen strategik. Eksperimen ini membuahkan rekomendasi penerapan BSc yang lebih luas bagi organisasi.

1996, Penerapan BSc mulai dikembangkan sebagai inti dari sistem manajemen strategik. Tidak sebatas alat evaluasi kinerja, namun mulai diterapkan dari tahap perencanaan strategis.

1997-2001,  BSc mulai diterapkan sebagai pemfokus strategi organisasi (strategy focused organization).

2004,  BSc telah diterapkan sebagai peta strategi organisasi (strategy map).

2006, BSc sebagai peta strategi mulai diturunkan untuk mengarahkan kinerja unit dan personal organisasi.

Ciputat, menjelang istirahat.

§

Tagged: , ,

§ 15 Responses to The Balanced Scorecard Milestones

  • rico says:

    saya mahasiswa universitas pakuan kebetulan banget skripsi saya tentang balanced scorecard..ngomong-ngomong mas bisa bantu saya tentang bsc dengan implementasi ke perusahaan manufaktur. trims…e

  • Syahrul Efendi P says:

    Dear,
    Saya praktisi kesehatan di salah satu institusi, dan perlu melakukan kajian tentang kinerja tempat saya bekerja, kebetulan saya buka internet dan melihat articel Balance score card namun saya belum bisa memahami konsep dasar dan teoritis dari Balance score card ini.Untuk itu saya minta bantu untuk informasi tentang Balance Score Card tersebut, demikian atas bantuan dan penjelasan bapak saya ucapkan terima kasih

    Hormat saya
    Syahrul ef.

  • harsanty says:

    saya mahasiswa teknik industri yang sedang mengerjakan skripsi dengan topik Balanced Scorecard di rumah sakit. saya mohon bantuannya untuk mengirimkan artikel yang berhubungan dengan topik saya tersebut. terima kasih pak..

  • thika says:

    Sore pak,
    saya ingin bertanya kira-kira topik apa yang menarik untuk dibahas, karena skripsi yang baru saya jalani adalah tentang BSC yang ternyata masih dalam tahap proses diperusahaan (sejauh ini perusahaan masih menggunakan metode akuntansi manajemen tradisional yang hanya mengedepankan ke 2 perspektif saja, financial dan customer) padahal perusahaan ini sudah Tbk. terimakasih atas penjelasannya.

  • Ragil says:

    Sore Pak,

    Saya mahasiswi Univ.mercubuana
    mo skripsi …..tentang BSC….bisa minta teori2nya gak tentang BSC,….dan sebagai isi dari skripsi atau hal2 apa yang perlu saya cari di Perusahaan tempat saya mengumpulkan data…??
    Mohon bantuannya yaaa……

    Terima kasih.

  • eLyana says:

    Pak, saya mahasiswi jurusan teknik industri yang sedang mancari topik untuk skripsi. Saya tertarik dengan balanced scorecard.

    Saya ingin melakukan pengukuran kinerja pada suatu departemen store dengan menggunakan BSC.

    Saya mohon bantuannya untuk mengirimkan artikel yang berkenaan dengan BSC serta data-data apa saja yang saya butuhkan untuk dapat merancang model pengukuran kinerja dengan menggunakan BSC.

    Mohon bantuannya , Pak..

    Terimakasih,

  • Didid Bowo Laksono says:

    pagi pak,
    Saya mahasiswa STIE YAI
    sedang mencari bahan untuk skripsi tentang BSC
    mengenai Pengaruh metode BSC pada Kinerja Perusahaan dimana saya bekerja

    Mohon bantuannya untuk sharing dan dapat e-mail artikel / data yg berkenaan dg BSC khususnya yg berhubungan dengan Kinerja Perusahaan

    Atas bantuannya diucapkan terima kasih

  • Juprie says:

    Ass. Saya mahasiswa UNY, skripsi saya tentang BSC untuk koperasi.
    Bagaimana implementasinya?
    Cukupkah jika disesuaikan dengan kriteria penilaian kesehatan kopearsi?
    Makasih. Wass.

  • Lusy says:

    asslm. saya mahasiswa Gunadarma, saya sedang proses penyelesaian S2 saya, saya bermaksud mengambil BSC pada koperasi sebagai bahan tulisan saya.
    mohon bantuannya untuk sharing tentang artikel/jurnal yang berhubungan dengan hal tersebut.

    terima kasih…

    Wass.

  • Sheila says:

    Dalam BSC ini apakah yang diukur dalam 4 pespektif tersebut boleh berupa data sekunder dan memperbandingkannya.
    misalnya kepuasan pelanggan = proses produksi – proses penjualan yang berarti kepuasan ppelanggan tercapai bila produksi yang ada habis terjual , dan seriap tahunnya penjualan mengalami peningkatan yang berarti kepuasan pelanggan mengalami peningkatan.

  • zuna says:

    asslm.saya mahasiswi STIE-BI, yang sedang menyusun skripsi mengenai balance scorecard,mohon bantuanya untuk sharing tentang artikel balance scorcard!yang ingin saya pertanyakan bagaimana bila balance scorecard di terapkan dalan usaha kecil daur ulang sampah.
    thanks atas penjalasannya.

  • Novi says:

    Assalamuallaikum.pak, saya mahasiswa Universitas Negeri Semarang sedang menyusun skripsi dengan judul analisis penilaian kinerja koperasi dengan Balanced Scorecard, tetapi saya mencari artikel atau penelitian terdahulu belum menemukan. atas saran dan bantuanya saya ucapkan terima kasih.

  • tere says:

    Pak, saya mahasiswi jurusan teknik industri yang sedang mancari topik untuk skripsi. Saya tertarik dengan balanced scorecard.

    Saya ingin melakukan pengukuran kinerja pada suatu perusahaan kontaktor dengan menggunakan BSC.

    Saya mohon bantuannya untuk mengirimkan artikel yang berkenaan dengan BSC serta data-data apa saja yang saya butuhkan untuk dapat merancang model pengukuran kinerja dengan menggunakan BSC.

    Selain itu data-data apa saja yang harus saya peroleh dari perusahaan?
    Thanks b4

  • tina says:

    bantu saya untk nyelesaiin skripsi saya mengenai kinerja koperasi terutama untuk menghitungnya saya masih bingung.terima kasih

  • mONIKA says:

    Saya mahasiswa Tek.Industri sem 8
    saya sedang menyusun skripsi mengenai BSC dari KopKar.
    Mohon bantuannya dalam menunjukkan referensi dari teori yg dibutuhkan.
    Terima kasih.
    GBU!

Leave a comment

What’s this?

You are currently reading The Balanced Scorecard Milestones at Sharing Knowledge as Freedom.

meta